8 Etos Kerja Profesional

Your Navigator to Success

  • Tentang JANSEN SINAMO

    JANSEN SINAMO adalah penulis buku bestseller 8 ETOS KERJA PROFESIONAL dan tujuh buku lain bertema serupa. Pernah berkecimpung puluhan tahun sebagai grand master training pemegang lisensi pelatihan internasional, ia kini lebih dikenal sebagai ’Mr ETHOS’ atau ‘BAPAK ETOS’ dan ‘GURU ETOS INDONESIA.' Oleh Majalah CAMPUS ASIA, ia dipilih sebagai satu dari 100 INDONESIA's BEST EDUCATORS dalam kategori GREAT INTELLECTUALS IMPACTING SOCIETY, atas ketekunannya sebagai penggagas, pencipta, pengembang, sekaligus pengemban training berbasis ETOS melalui Institut Darma Mahardika. Info lebih lanjut tentang Darma Mahardika dan training ETOS, kontak Marco/ Toyo di Institut Darma Mahardika, Pulogebang Permai Blok G 11/12 Telp. (021) 480 1514; Faks. (021) 480 0429 HP 0811940709
  • 8 ETOS Kerja Profesional

    BUKU BESTSELLER karya JANSEN SINAMO ini telah menginspirasi puluhan ribu orang untuk bekerja penuh syukur, penuh tanggung jawab, penuh integritas, penuh cinta, penuh kreativitas, penuh keunggulan dan rendah hati. Berlandasakan konsep 8 ETOS KERJA PROFESIONAL yang dikembangkannya tiada henti, JANSEN SINAMO telah menjadi pembicara publik dan trainer pada setidaknya 1000 public seminar mau pun in-house training dalam 10 tahun terakhir. Info lebih lanjut, hubungi Institut Darma Mahardika dengan Contact Person Marco atau Toyo di Institut Darma Mahardika Pulogebang Permai Blok G-11/12 Jakarta 13950 Telp. (021) 480 1514; Faks (021) 480 0429

Portofolio


JANSEN SINAMO atau lebih dikenal sebagai Mr. Ethos dan Guru Etos Indonesia telah mengembangkan konsep 8 ETOS KERJA PROFESIONAL dalam 10 tahun terakhir. Berbasiskan konsep ini ia telah menjadi pembicara publik dan trainer pada lebih dari 1000 seminar publik mau pun in-house training, yang diselenggarakan berbagai lembaga, perusahaan domestik mau pun multinasional di Tanah Air.

Bagaimana Seminar dan Training Etos Bekerja

Seminar dan pelatihan dalam rangka pengembangan SDM pada dasarnya dilakukan melalui tiga orientasi, yaitu

  1. Training of the Head: bertujuan untuk membangun wilayah kognitif seperti paradigma, pola pikir, knowledge, understanding, concept, mindset, worldview, theory, principle.
  2. Training of the Hand: bertujuan untuk membangun wilayah psikomotorik seperti skill, competence, habit.
  3. Training of the Heart: bertujuan untuk membangun wilayah afektif seperti sikap, perasaan, emotion, motivation, enthusiasm, spirit, attitude, desire.

Seminar dan pelatihan 8 Etos Kerja Profesional dilaksanakan secara berimbang antara ketiga orientasi tersebut. Konsep dan pendekatan ini dikembangkan Jansen Sinamo, Sang Guru Etos Indonesia, yang di ujungnya berkehendak untuk memperkuat karakter, kompetensi, dan kinerja semua pekerja.

Delapan Etos Kerja Profesional dirumuskan sbb:

  1. Kerja adalah Rahmat; Aku Bekerja Tulus Penuh Rasa Syukur
  2. Kerja adalah Amanah; Aku Bekerja Benar Penuh Tanggungjawab
  3. Kerja adalah Panggilan; Aku Bekerja Tuntas Penuh Integritas
  4. Kerja adalah Aktualisasi; Aku Bekerja Keras Penuh Semangat
  5. Kerja adalah Ibadah; Aku Bekerja Serius Penuh Kecintaan
  6. Kerja adalah Seni; Aku Bekerja Cerdas Penuh Kreativitas
  7. Kerja adalah Kehormatan; Aku Bekerja Tekun Penuh Keunggulan
  8. Kerja adalah Pelayanan; Aku Bekerja Paripurna Penuh Kerendahanhati

Yang Didapat Oleh Peserta

  1. Memperkuat the culture of excellence; tidak sekadar meraih target saja
  2. Membentuk budaya kerja unggul; tidak sekadar demi produktivitas saja
  3. Mendalami makna luhur pekerjaan; tidak sekadar mencari uang saja
  4. Membangun motivasi kerja mulia; tidak sekadar demi jabatan saja
  5. Meningkatkan kecintaan pada profesi; tidak sekadar batu loncatan saja

Tentang Mr. Ethos Jansen Sinamo

* Seorang maestro seminar dan grand master pelatihan yang populer dengan julukan Mr. Ethos. Ia berpengalaman lebih dari 20 tahun membawakan ceramah dan pelatihan di berbagai lembaga dan korporasi milik negara seperti Bank Indonesia, BPK, BPPT, ITB, Pemprov, Pemkab, DPRD, Aneka Tambang, Telkom, Indosat, Jiwasraya, Jasa Raharja, Jasa Marga, Bank Mandiri, BNI, BRI, dan sejumlah PTPN; juga perusahaan swasta nasional seperti Astra Group, Kompas-Gramedia Group, Indomobil, Bentoel, Bumiputra, BCA, Konimex Group, United Tractors; hingga korporasi multinasional seperti SOGO, Chevron, Charoen Pokphand, Mandom, VICO, Bank Amro, TNT, dan American Express; serta berbagai LSM seperti World Vision, Bina Swadaya, Darul Tauhid, dan Yayasan Pendidikan maupun Perguruan Tinggi.

* Kolumnis Harian KOMPAS, ia telah menulis 7 buah buku yang lahir dari pengalaman, renungan, dan studinya: 8 Etos Kerja Profesional, Kafe Etos, Strategi Adaptif Abad 21, Mengubah Pasir Menjadi Mutiara, Berselancar di Atas Gelombang Perubahan, Kepemimpinan Visioner Kepemimpinan Kredibel.

* Sebagai public speaker, fasilitator, trainer dan instruktur ia telah melatih dan berceramah di depan ratusan ribu orang mulai dari tingkat pelaksana, clerk, wiraniaga, teller, staf, supervisor, manajer, direktur, CEO, bupati, gubernur, direktur jenderal, hingga level menteri.

* Terpilih menjadi salah satu Indonesia’s 100 Best Educator versi majalah Campus Asia.

Modul Pelatihan

  1. 8 Professional Ethos
  2. Creativity and Innovation
  3. Customer Service and Public Service
  4. Ethos-Productivity-Salary System
  5. Ethos of Excellence
  6. Human Excellence
  7. Selling Skills and Strategies
  8. Superior Motivation
  9. Teambuilding

10. The Ethos Leadership

Topik Seminar

  1. 8 Etos Kerja Profesional
  2. ABCD Perubahan ABCD Keberhasilan
  3. Bagaimana Mencintai Pekerjaan
  4. Bagaimana Mengatasi Kekecewaan dalam Kerja
  5. Berselancar di Atas Gelombang Perubahan
  6. Creative Problem Solving
  7. Creativity for Business Improvement
  8. Credible Leadership
  9. Culture and Leadership
  10. Etika Kepemimpinan
  11. From Survival, To Success, To Significance
  12. Kepemimpinan dan Motivasi
  13. Kepemimpinan Visioner
  14. Kepemimpinan yang Adaptif
  15. Kepemimpinan yang Memmberdayaan
  16. Membangun Budaya Ikhlas dan Bersyukur
  17. Membangun Budaya Kerja Profesional
  18. Membangun Etos Kerja dan Budaya Produktif
  19. Menjalankan Kerja Sebagai Ibadah
  20. The Five Star Employees – The Five Star Managers

Beberapa Testimoni

  1. Untuk keseluruhan baik dan sangat membantu saya dalam hal memotivasi diri untuk lebih giat dan lebih mencintai pekerjaan saya. Sukses untuk Bpk. Jansen Sinamo. Terima kasih untuk tambahan ilmu yang sudah saya dapatkan dalam 2 hari ini.
  2. Dengan mengikuti training ini saya menemukan banyak momen baru yang penting. Bertemu teman baru, terlebih lagi mendapatkan hal-hal yang membuka pikiran dan sangat memotivasi saya untuk melakukan pekerjaan saya, dan satu lagi evaluasi untuk kerja saya selama ini.
  3. Overall sangat bagus sekali, karena memotivasi saya untuk mencapai sukses dengan etos kerja yang profesionalisme.
  4. Saya sangat terkesan dengan materi yang disampaikan terutama untuk memotivasi karyawan, terutama para marketer yang banyak mengalami masalah di lapangan.
  5. Saya sangat terinspirasi dan meningkatkan motivasi untuk menatap masa depan yang penuh harapan dan antusiasme. Maju terus pak Guru. Good luck for you.
  6. Sangat bagus dan sangat membantu meningkatkan motivasi sebagai pemimpin yang baik.
  7. Memberikan suatu motivasi secara pribadi untuk dapat mengembangkan atau mengasah kemampuan yang selama ini seakan terkubur dalam hati. Semakin dapat mensyukuri anugerah dan nikmat yang telah diberikan Tuhan yang Maha Esa.
  8. Dear Pak Jansen Sinamo: Saya telah membaca buku Bapak tentang ‘8 Etos Kerja Profesional’, ‘Mengubah Pasir Menjadi Mutiara’, dan ‘Pemimpin Kredibel dan Pemimpin Visioner’. Saya sangat bahagia sekali setelah membaca buku tersebut karena saya telah belajar banyak dari buku-buku Bapak. Saya sangat mengucapkan terima kasih kepada Bapak karena bapak telah menulis buku tsb.

Pujian Atas 8 Etos Kerja Profesional

* Dr Rhenald Kasali, PhD, Ketua Program Magister Manajemen, FE-UI

“Ketika para ahli berbicara tentang motivasi, habit, atau hal-hal spiritual, Jansen Sinamo mengajak kita pada akar yang menggerakkan semua perilaku manusia dalam berkarya yang disebutnya 8 Etos”

* Dr Ignas Kleden, Sosiolog, Ketua KOMUNITAS INDONESIA UNTUK DEMOKRASI

“8 Etos Kerja Profesional bukanlah uraian akademis tentang etos kerja sebagaimana yang terdapat dalam kajian sosiologi ekonomi, melainkan panduan untuk memotivasi orang-orang agar tidak saja bekerja keras tetapi juga bekerja dengan berhasil. Dengan ilustrasi yang kaya, penulisannya dilakukan secara amat hidup, penuh pathos, dan segera mengingatkan kita akan energi yang muncul dari buku-buku Dale Carnegie.”

* Jakob Oetama, Chief Executive, KELOMPOK KOMPAS-GRAMEDIA

Bekerja cerdas bergairah. Bekerja sebagai ibadah. Bekerja memberi makna hidup. Bacalah buku ini. Padat, lancar, berinspirasi.

* Djoenaedi Joesoef, Founder & CEO KONIMEX GROUP

8 Etos Kerja Profesional adalah buku wajib bagi siapa pun yang bekerja di mana pun.

* Hermawan Kartajaya, Leading Service Officer MARKPLUS & CO

“8 Etos Kerja Profesional adalah panduan untuk orang yang ingin bekerja dengan IQ, EQ, dan SQ yang unggul.”

* Prof Dr Ir Bungaran Saragih, Menteri Pertanian REPUBLIK INDONESIA (1999-2004)

“Sukses pribadi, kelompok, dan bangsa harus didasarkan pada etos. Buku karya Jansen Sinamo ini adalah buku yang tepat waktu karena masalah yang dihadapi banyak orang, kelompok, dan bangsa ini adalah kaburnya etos kerja khususnya etos kerja profesional.”

* Dr Ing Gunadi Sindhuwinata, Presiden Direktur INDOMOBIL GROUP

“Etos merupakan kata yang sangat populer dan banyak dikenal oleh siapa pun juga, namun sayangnya lebih banyak lagi yang canggung melakukannya. Status suatu kelompok sosial ataupun masyarakat akan sangat bernilai bila tiap-tiap individu lebih mengenal dan menjadikan Etos bagian dari keseharian kita. Buku ETOS dari pakar kita Jansen Sinamo akan menghantar pembaca ke sana secara praktis dan utuh.”

* Sudhamek AWS, CEO GARUDAFOOD GROUP

“Etos kerja telah menjadi hot topic di dalam maupun di luar negeri karena semakin disadari perannya yang sangat sentral dalam kinerja sebuah organisasi. Buku ini mampu memberikan gambaran yang jelas dan lengkap tentang korelasi antara etos kerja dan pencapaian kinerja tersebut. Buku ini menjadi semakin menarik karena pengalaman pribadi penulisnya diramu dengan visi dan pengalaman para tokoh terkenal dari zaman yang berbeda.”

* Elisa Lumbantoruan, EVP Corporate Strategy & IT GARUDA INDONESIA

“Sustainability dari high performance organization sangat ditentukan oleh sistem nilai yang dibangun di dalam organisasi itu. Buku ini sangat lengkap membahas sistem nilai yang harus dibangun di suatu organisasi. Dan itu dimulai dari leaders di dalam organisasi tersebut. Etos kerja adalah kualitas yang harus dimiliki setiap leader yang mengharapkan sustainable success.”

* Dr Haidar Bagir, Direktur Utama MIZAN PUBLIKA

“Suatu karya dalam genre baru buku-buku yang berupaya memadukan nilai-nilai (values), yang disadap dari sumber-sumber kebijaksanaan universal ke dalam prinsip-prinsip kerja modern. Perlu dibaca oleh siapa saja yang mendambakan kesuksesan sejati.”

* Gede Prama, Managing Director DYNAMIC CONSULTING

“Jepang dan Jerman memang kalah perang puluhan tahun lalu. Namun di awal abad ke-21 ini kedua bangsa ini “menyerang” balik dunia tidak dengan senjata melainkan dengan etos kerja. Seperti sedang berbisik: etos kerja mengalahkan senjata. Untuk itu, layak dicermati buku Jansen Sinamo yang mengulas etos kerja ini.”

* James Gwee, Direktur Utama ACADEMIA

“Why work? Just to put food on the table? Jansen Sinamo gives you not one, not two, but eight powerful reasons why work. Bravo!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: